Berita Popular

    Tidak ada berita populer

"Sadewa Market" Menyapa pelajar di Semarang

Semarang 15 Agustus 2017 – Tampaknya ada yang berbeda dengan rutinitas di SMK Negeri 7 Semarang kali ini. Banyak orang wara-wiri di aula sekolah dan banyaknya ornament yang bernuansa merah tua lengkap dengan ikon yang melambangkan salah satu pewayangan khas daerah Jawa Tengah. Bebunyian dari perangkat pengeras suara pun tak kalah meriah memanjakan telinga siswa-siswi yang telah berkumpul di sebuah aula. Saat bel istirahat berbunyi, para murid berduyun memasuki ruangan, dan mulai mengisi kursi-kursi kosong yang telah disiapkan oleh pihak panitia sebelumnya, dan pertanyaan-pertanyaan pun mulai membahana, menggambarkan antusiasme para peserta pelatihan bisnis online merekahari ini. Ya, aktivitas kali ini ternyata adalah salah satu dari serangkaian program sosialisasi “SADEWA Market” dalam tema “Seminar SADEWA Sapa Kota”. Kegiatan ini terlaksana dengan dukungan penuh dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah serta PT. Inovasi Mitra Terpadu (IMT), sebagai pembangun dan pengelola market-place SADEWA Market.

“Saya berharap dengan adanya SADEWA Market ini bisa mendidik dan memperkenalkan dunia bisnis on-line yang saat ini memang tengah semarak, sehingga nantinya akan menciptakan lapangan kerja sendiri bagi para pelajar dan turut mengembangkan perekonomian dimasa mendatang. Dengan kegiatan ini, para pelajar di rangsang secara dini untuk ikut aktif berpartisipasi dengan bangga menggunakan produk UMKM daerahnya sendiri,” ungkap M. Sudarmanto, Kepala Sekolah SMK Negeri 7 Semarang yang juga ikut hadir dalam kegiatan “Seminar SADEWA Sapa Kota” ini.

 

 “Seminar SADEWA Market Sapa Kota” ini, semakin meriah tatkala MC mulai membagi-bagikan hadiah dengan syarat harus bisa memecahkan teka-teki yang diberikan oleh MC. Jawaban yang dilontarkan oleh siswa dan siswi pun sangat unik dan menggelitik.

 

“Kegiatan ‘Seminar SADEWA Sapa Kota’ ini merupakansalah satu dari rangkaian roadshow sampai ke acara Grand Launching-nya yang akan diselenggarakan bertepatan dengan Acara Perayaan Ulang Tahun Provinsi Jawa Tengah di Jepara nanti. Jadi, selain ‘Seminar SADEWA Sapa Kota’ di Semarang, juga nanti kita akan sapa para pelajar di Jepara.Semua ini dapat dilaksanakan dengan dukungan dan semangat yang sama dari Pemerintah, baik di tingkat provinsi sampai ke Kabupaten/Kota,” papar Widodo Khaerudin, Business Unit Head PT. IMT.

 

“Dengan kegiatan ‘Seminar SADEWA Sapa Kota’, para pelajarbisa melihat SADEWA Market sebagai sebuah potensi pengembangan masa depan secara mandiri, yang juga pada akhirnya akan sangat mendukung dalam pembangunan negeri ini.” Ujar Widodo.

 

“SADEWA Market sebagai rolemode untuk belanja online bagi kebutuhan masyarakat serta bisa sekaligus berpartisipasi secara aktif dalam perekonomian dan pembangunan negeri ini khususnya di Jawa Tengah. Siapapun bisa ikut andil dan aktif dalam pengelolaan SADEWA Market. Kami berharap, SADEWA Market akan mendapatkan respon positif dari masyarakat, untuk ikut mendukung program UMKM Jawa Tengah Naik Kelas,” tutur Ema Rachmawati, Kepala Dinas Koperasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ketika mengomentari kegiatan ini.

 

“Kalau kata Pak Gubernur, sudah gak jamannya lagi anak muda sekarang (Cuma) tahunya mencari kerja. Tapi yang ‘kekinian’ itu, adalah bagaimana menciptakan menciptakan masa depan sendiri sekaligus menciptakan lapangan kerja baru. Salah satunya dengan menjadi pelaku usaha berbasis online. Di Sadewa Market, para pengusaha muda akan dibimbing dalam mengembangkan potensinya secara digital, oleh para pendamping-pendamping yang berkompeten yang telah disiapkan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dengan juga didukung oleh para stakeholder para pelaku bisnis yang bersinergi dalam pengembangan dan pembangunan Sadewa Market. Jadi, ayo jangan jadi ‘Kudet’ (Kurang Update), segera kunjungi Sadewa Market,” tutup Ema.

Scroll