PELAKU UMKM IKUTI TEMU USAHA DAN KEMITRAAN

PELAKU UMKM IKUTI TEMU USAHA DAN KEMITRAAN

MAGELANG-Dalam rangka meningkatkan pengembangan ekonomi dan pemasaran dari sektor Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) antar daerah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kebumen bekerjasama dengan Disperindag Kota Magelang menggelar kegiatan  kemitraan dan temu usaha (match making) bagi pelaku UMKM yang diselenggarakan di gedung Prambanan Convention Hall, Hotel Puri Asri Magelang, Kamis (14/12).

Temu usaha dan kemitraan UMKM ini mengambil tema dengan kemitraan dan temu usaha kita kembangkan akses pasar produk unggulan daerah melibatkan sejumlah 40 pelaku UMKM baik dari Kabupaten Kebumen maupun Kota Magelang. Turut hadir dalam acara tersebut pejabat terkait dari Pemkab Kebumen dan Pemkot Magelang.

Sekda Kota Magelang, Drs. Sugiharto dalam sambutannya mengatakan menyambut baik kegiatan kemitraan dan temu usaha antar daerah ini. Selain baru pertama kali diadakan di Kota Magelang, menurutnya kegiatan ini bisa untuk memfasilitasi kebutuhan UMKM di masing-masing daerah terkait dengan pemasaran produk.

“UMKM di daerah sering terkendala dalam pemasaran produknya. Mereka dapat menghasilkan produk tetapi kadang kesulitan memasarkan hasilnya karena minimnya jaringan pemasaran. Oleh sebab itu kemitraan dan temu usaha ini dapat menjadi sarana untuk memperluas pemasaran,”kata Sugiharto.

Lebih lanjut Sugiharto menjelaskan kemitraan ini hendaknya ada wujud konkret hasilnya. Diharapkan produk Magelang bisa masuk dan dipasarkan di Kebumen dan begitu pula sebaliknya. Kemitraan ini juga bermanfaat  untuk memotong mata rantai pemasaran karena pelaku usaha bisa saling bekerjasama.

“Dapat saling mempromosikan produk masing-masing daerah sehingga kemitraan tidak hanya terjadi di level Pemerintah saja atau antar dinas terkait tetapi juga pelaku UMKM juga langsung terjalin kemitraan. Harapannya kemitraan ini dapat terus berlanjut kedepannya”jelasnya.

Kota Magelang yang terdiri 3 kecamatan dengan 17 kelurahan dan luas wilayah 18, 53 km² serta tidak memiliki sumber daya alam sangat mengandalkan sektor jasa untuk menopang pembangunan daerah. Oleh sebab itu, Sugiharto menjelaskan bahwa salah satu prioritas pembangunan Kota Magelang di sektor perindustrian dan perdagangan.

“Semakin banyak orang datang ke Magelang semakin menggerakkan perekonomian dan perdagangan di Kota Magelang,”jelasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen, Drs. H. Mahmud Fauzi, M.Si saat membacakan sambutan Bupati Kebumen mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat terjalin kerjasama yang saling menguntungkan dan sinergis antar kedua daerah.

Menurut Mahmud Fauzi, UMKM terbukti sangat berperan penting dalam menjaga stabilitas ekonomi di masyarakat karena UMKM sangat dekat masyarakat.

“Sektor jasa mendapatkan perhatian lebih agar ketahanan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik. Adanya ide kreatif dan inovasi akan sangat membantu dalam mengembangkan sektor jasa.

“Dari kegiatan ini bisa saling belajar cara memasarkan produknya masing-masing sehingga membantu dalam peningkatan dan pengembangan sektor jasa melalui UMKM,”pungkas Mahmud Fauzi.

 

(Sumber : jatengprov.go.id)

Scroll