Berita Popular

    Tidak ada berita populer

SMESCO Harus Jadi Referensi Utama Bahan Kerajinan Indonesia

SMESCO Harus Jadi Referensi Utama Bahan Kerajinan Indonesia

Jakarta - Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Emilia Suhaimi yg diserahi tugas sebagai pengelola Gedung SMESCO Indonesia meluncurkan konsep dan penataan baru Paviliun Provinsi yang menyajikan produk-produk unggulan dari berbagai provinsi di Indonesia.

Dalam laporannya dihadapan Ketua Dekranas Pusat Hj. Mufidah Yusuf Kalla dan Menteri Koperasi UKM RI AAGN Puspayoga dalam acara Relaunching Produk Unggulan Provinsi dan Smesco Minang di Gedung Smesco, Dirut LLP Smesco mengatakan Revitalisasi Paviliun Provinsi di Smesco dilakukan dalam rangka langkah strategis mengintegrasikan Promosi, Pemasaran dan meningkatkan daya saing Produk2 Unggulan KUKM dari 34 Provinsi di Indonesia, konsep dasar penataan menjadikan Galeri Smesco Indonesia sebagai One Stop Shopping bagi konsumen lokal maupun Internasional yang ingin mencari dan membeli Produk Unggulan.

Revitalisasi Produk Unggulan Provinsi dilakukan secara tersinergi dan terintegrasi dengan Dekranas dan lembaga terkait baik tingkat pusat maupun daerah dan dikembangkan dengan kerjasama bisnis dengan platform pemasaran secara online, dengan revitalisasi ini diharapkan menjadikan Smesco sebagai Referensi terbaik untuk mencari produk2 unggulan dari berbagai Provinsi di Indonesia

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan, Gedung SMESCO kini dikelola dengan konsep baru sebagai miniatur Indonesia dalam bidang kerajinan. "Terutama fesyen, mebelair, alas kaki, dan kuliner. Karena keempat produk ini yang mempunyai potensi besar untuk diekspor ke mancanegara," kata Puspayoga.

Menurut Puspayoga, produk yang ada di Gedung SMESCO terutama di Paviliun Provinsi merupakan produk-produk unggulan karya anak bangsa sehingga siapapun yang ingin mendapatkan produk terbaik dari berbagai provinsi. "Kami juga mengajak para kepala daerah untuk memanfaatkan Gedung SMESCO sebagai sarana promosi," kata Puspayoga.

Ketua Dekranas Pusat Hj. Mufidah Yusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan Kegiatan ini menjadi bukti semangat Pemerintah dalam memajukan pelaku UKM Indonesia ditengah-tengah kompetisi dan tantangan daya saing dalam menghadapi Pasar Global.

Pelaku UKM memiliki peran dan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional dan penyediaan lapangan kerja, meskipin perkembangan cukup besar namun sektor ini masih memiliki keterbatasan dalam berbagai aspek seperti pemasaran dan permodalan, oleh karena itu diperlukan sinergi berbagai pihak untuk melakukan upaya pembinaan dan pengembangan usaha baik dalam pemasaran, manajemen, permodalan, peningkatan mutu produk maupun pemanfaatan teknologi dan informasi.

Dekranas sebagai mitra Pemerintah ikut berperan dalam membina dan mengembangkan UKM khususnya sektor kerajinan atau Kriya.

Pemerintah telah menetapkan beberapa daerah tujuan wisata unggulan dengan harapan makin banyak turis mancanegara yang datang, salah satunya Jakarta sebagai pintu masuk keluarnya turis dari berbagai negara.

"Oleh karena itu saya optimis gedung Smesco juga dapat sebagai referensi terbaik bagi turis manca negara maupun lokal untuk mencari dan mendapatkan produk lokal khususnya suvenir"

"Jadi, harus ada kurasi produk yang baik agar terjaga kualitasnya. Saya ingin agar Gedung SMESCO dimanfaatkan oleh daerah di seluruh Indonesia untuk mempromosikan produk unggulannya," kata Hj. Mufidah

Selesai acara pembukaan Ketua Dekranas didampingi Bintang Puspayoga mengunjungi stand-stand Produk Unggulan Provinsi, salah satunya Jawa Tengah

Dalam kesempatan tersebut ketua Dekranas memborong berbagai macam produk Unggulan Jawa Tengah diantaranya Batik, Tas Baju Bordir dll.

Kepala Dinas Koperasi, UKM Provinsi Jawa Tengah Ema Rachmawati ketika ditanya tentang target penjualan mengatakan "tidak ada target khusus yg ditetapkan, yang penting Produk Unggulan Jawa Tengah banyak dikunjungi pengunjung dan belanja sebanyak-banyaknya "

Scroll