Pentingnya Strategi Pemasaran Bagi UMKM

Coba ukur berapa banyak penjualan di bisnis Anda selama seminggu atau sebulan terakhir, lalu bandingkan dengan bulan sebelumnya. Apakah ada kenaikan dibanding sebelumnya? Atau justru malah stuck, tidak naik dan juga tidak turun? Atau malah justru lebih parah, penjualan Anda justru menurun?

Sebagai direktur CerdasMulia, seringkali juga saya mengalami pasang – surut order pelatihan dan harus membentengi bagaimana caranya agar penjualan minimal dapat terus stabil. Berbagai macam strategi pun dicoba. Saya juga coba melibatkan tim untuk terus meningkatkan penjualan. Sampai akhirnya saya pun menemukan 5 kunci strategi pemasaran untuk UMKM, yang bisa juga Anda coba untuk bisnis Anda.

 

5 Strategi Pemasaran Efektif untuk UMKM

Apa sajakah itu?

Pertama, Buat Target Konsumen yang Jelas dan Fokus

Sebelum lebih jauh kita perlu untuk menjabarkan terlebih dahulu sebenarnya siapa orang atau customer yang akan kita layani. Ambil target konsumen yang spesifik, namun jumlahnya cukup banyak untuk kita layani (terlalu spesifik namun ternyata pangsa pasar sedikit justru malah menyulitkan). Dalam pemasaran, kita tidak bisa mencoba untuk ‘menembak’ semua pelanggan, karena hal tersebut akan membuat tidak fokus.

Kedua, Mengetahui Kategori di Mana Bisnis Kita Berada

Apa yang dimaksud kategori di sini adalah kita dapat menjabarkan sebenarnya bisnis kita itu masuk dalam ranah apa. Apabila kita membuka bisnis kopi, maka apakah bisnis kita masuk ke kategori penjualan komoditas, atau high class coffee cafe semacam Starbucks? Dengan mengetahui kategori bisnis kita, maka kita lebih mudah untuk membuat strategi pemasaran ke depannya. Program saya, Young Trainer Academy dibuat masuk dalam kategori pelatihan pemuda dengan middle budget di mana pemain di kategori ini masih sedikit namun pangsa pasarnya banyak. Jika pemain di kategori ini sudah banyak dan pangsa pasarnya sedikit, maka besar kemungkinan saya akan berpikir ulang untuk membuat program ini.

Ketiga, Memiliki Manfaat Unik yang Ditawarkan

Baik produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka dalam pemasaran diperlukan keunikan manfaat yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Misalkan saat saya melakukan survey, ternyata banyak pelatihan – pelatihan pemuda yang tidak memiliki impact karena kurangnya follow up dari training provider pasca pelatihan. Itulah salah satu unique benefit yang ditawarkan Young Trainer Academy, dengan membuat platform circle.cerdasmulia.net. Dalam platform tersebut, para alumni pelatihan bisa saling berbagi, sharing, menjaga semangat untuk terus – menerus menjadi lebih baik sehingga hasil pelatihan pun menjadi lebih berdampak.

Keempat, Mengetahui Kompetitor Asli dari Bisnis Kita

Sudah sangat lumrah apabila konsumen kita, setelah bertanya – tanya tentang apa yang bisa kita tawarkan, maka mereka akan langsung membandingkannya dengan penyedia yang lain – dalam hal ini kompetitor. Namun yang perlu kita selidiki adalah, apakah kompetitor yang selama ini kita anggap sebagai saingan adalah benar – benar saingan kita apa bukan. Misalkan saya yang berkecimpung di lembaga pelatihan, bisa jadi yang menjadi kompetitor bukan sesama lembaga pelatihan. Tetapi adalah trainer – trainer independen yang memang sudah ahli di bidangnya. Salah satu ciri kompetitor adalah mereduksi sales Anda.

Kelima, Memastikan Apa yang Ditawarkan Lebih Baik dan Berbeda dari Kompetitor

Pada tahap ini, silakan Anda daftar berbagai kelebihan dan perbedaan yang Anda miliki dari kompetitor Anda. Mana yang bisa Anda fokuskan sebagai keunggulan kompetitif, maka dipertahankan. Apabila ada aspek yang kurang, maka segera dibenahi.

Jadi, apabila dirangkum maka 5 strategi pemasaran efektif untuk UMKM adalah,

  1. Buat Target Konsumen yang Jelas dan Fokus
  2. Mengetahui Kategori di Mana Bisnis Kita Berada
  3. Memiliki Manfaat Unik yang Ditawarkan
  4. Mengetahui Kompetitor Asli dari Bisnis Kita
  5. Memastikan Apa yang Kita Tawarkan Lebih Baik dan Berbeda dari Kompetitor

Yup! Demikian yang bisa saya bagi ke pembaca sekalian untuk hari ini. Semoga ilmu bisnis ini bermanfaat ya.

Bagaimana menurut Anda? Ingin berkomunikasi dengan kami?


Komentar Pengunjung

Oleh Wahyu Sudrajat, Pada tanggal 30 Mei 2017
OK... menarik juga artikelnya, terima kasih sudah berbagi, apakah bisa konsultasi lebih banyak secara langsung?...
Scroll